Friday 30 October 2015

Fungsi Manajemen di dalam Perusahaan


FUNGSI MANAJEMEN DI DALAM PERUSAHAAN BLUE BIRD TBK



SRI NURMALA SARI
E21113725

ADMINISTRASI NEGARA KONSENTRASI MANAJEMEN KEARSIPAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2015


PT. BLUE BIRD TBK
Syarat dari perusahaan yang baik  salah satunya adalah memiliki fungsi-fungsi manajemen yang baik. Fungsi- fungsi manajemen ini diantaranya adalah perencanaan (planning), organisasi (organizing), pengarahan (actuating),  dan pengawasan atau pengendalian (monitoring and controlling). Disini organisasi yang saya ambil yaitu perusahaan dalam bidang jasa “taksi blue bird”.  Jasa pertaksian ini sudah dikenal lama di masyarakat dan perusahaan akan bisa bertahan salah satunya dengan manajemen yang baik.

PERENCANAAN (PLANNING)
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi,membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Apabila tanpa perencanaan dalam sebuah organisasi sudah dapat dipastikan organisasi tersebut akan gagal atau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena perencanaan adalah fungsi yang sangat mendasar dan sangat berperan besar dalam organisasi. Pelaksanaan Fungsi perencanaan yang digunakan di perusahaan blue bird  yaitu :
1.    Menetapkan tujuan dan target
2.    Merumuskan strategi yang akan dipakai pada pelaksanaan kerja
3.    Menentukan sumber sumber daya yang di perlukan
4.    Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian dan target bisnis
5.    Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan
6.    Menggunakan teknologi informasi yang berkembang seiring berjalannya waktu
7.    Menyiapkan tenaga-tenaga konsultan yang professional dan berkualitas
Tujuan dari perusahaan blue bird ini adalah tercapainya kepuasan pelanggan, dan mengembangkan serta mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar disetiap kategori yang dimasuki. Kemudian targetnya adalah menjadi yang terdepan atau utama dalam menyediakan jasa dalambidang pertaksian.

Adapun Indikatornya yaitu :
a.       Membuat waktu se-efisien mungkin
b.      Pelanggan tidak merasa dikecewakan
c.       Memasutkan kesejahteraan yang berkelanjutan untuk para stekholder
Strategi yang digunakan di perusahaan blue bird ini disebut strategi tiga pilar yaitu mengandalkan pada produk, pemimpin pasar , dan innovator dalam teknologi aplikasi. Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini adalah barang berbentuk mobil yang nyaman dan terawat untuk kepuasan pelanggan tentunya dengan sumberdaya manusia yang baik dan ahli dalam berkendara dan mengetahui seluk beluk tentang mobil.

ORGANISASI (ORGANIZING)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan orgnanisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien. Fungsi perngorganisasian adalah sebagai suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki organisasi untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan guna mencapai tujuan dengan baik.
Pelaksanaan Fungsi organisasi di dalam perusahaan ini :
1.        Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menerapkan prosedur yang telah di tentukan
2.        Menetapkan stuktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
3.        Kegiatan perekrutan penyeleksian pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia atau tenaga kerja
4.        Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
5.        Dalam melakukan perekrutan, vice president personalia melakukan seleksi yang ketat kepada para calon karyawan


STRUKTUR ORGANISASI BLUE BIRD
 





 
Tugas dan Tanggung Jawabnya :
1.        Dewan komisaris bertugas melakukan pengawasan terhadap kebijakan direksi dalam menjalankan perseroan serta member nasihat kepada direksi.
2.        Komite Audit bertugas melakukan evaluasi dan penelaahan laporan keuangan perseorang, melakukan pengawasan dan penilaian atas pelaksanaan kegiatan serta hasil audit oleh audit internal, memberikan rekomendasi, melakukan kajian atas kompetensi.
3.        Direktur utama bertugas coordinator, komunikator, pengambilan keputusan, pemimpin, pengelola dan eksekutor.
4.        Divisi audit internal bertugas melaksanakan proses pemeriksaan bagi seluruh divisi cabang dan melaporkannya dalam bentuk audit, menjalankan proses audit internal perusahaan secara teknis dan berkala, melakukan koordinasi kesiapan cabang, menganalisa dengan akurat serta bisa memberikan gambaran tentang penyelesaian masalah keuangan.
5.        Sekertaris perusahaan bertugas membantu pimpinannya dalam melakukan tugas-tugas harian, baik yang rutin maupun yang khusu.

PENGARAHAN (ACTUATING)
Yang mengarahkan sekaligus bertanggung jawab di perusahaan adalah Dewan Komisaris. Blue Bird yang mengimplementasikan pertama kali di Indonesia sistem komunikasi radio serta penggunaan argometer yang ketat untuk armada-armadanya. Blue bird juga sudah menerapkan teknologi GPS (global positioning system) untuk melacak tempat dan posisi armada-armada lainnya juga bisa dipakai untuk menghubungi call centre.
Blue bird mengimplementasikan solusi Business Intellegent(BI), yakni merupakan suatu solusi yang mengolah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan keputusan perusahaan dan proses bisnis sehingga mampu memberikan gambaran lengkap dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pengguna. Perusahaan ini juga mengimplementasikan software MySAP untuk pengambilansecara tepat sehingga waktunya effisien.

PENGAWASAN (CONTROLLING)
Dalam mengawasi armadanya sehari hari , pemilik perusahaan membutuhkan general manajer keberadaan armada blue bird, sehingga penggunaan bahan bakar dapat tercatat dan di perhitungkan dengan akurat. Dalam memelihara loyalitas pelanggannya blue bird menyediakan creditvoucher yang digunakan tidak untuk corporate saja namun juga digunakan untuk perorangan.
Pihak blue bird ini mengadakan upgrading kepada para karyawanya agar meningkatkan layanan yang berkualitas dan nyaman untuk mempertahankan pelanggan. Untuk menjamin hal tersebut dari pihak blue bird sering menggunakan penumpang yang diminta untuk menguji sopir.
Pihak blue bird selalu mengadakan training karena mau tidak mau yang menciptakan image baik atau buruknya perusahaan ini adalah sopirnya, jadi para pengemudi dilatih secara khusus agar memberikan layanan yang terbaik. Dewan komisaris melakukan pengawasan atas jalannya usaha perusahaandan memberikan masukan-masukan kepada para direktur.


No comments:

Post a Comment