FUNGSI MANAJEMEN
DI DALAM PERUSAHAAN BLUE BIRD TBK
SRI NURMALA SARI
E21113725
ADMINISTRASI
NEGARA KONSENTRASI MANAJEMEN KEARSIPAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2015
PT. BLUE BIRD TBK
Syarat
dari perusahaan yang baik salah satunya
adalah memiliki fungsi-fungsi manajemen yang baik. Fungsi- fungsi manajemen ini
diantaranya adalah perencanaan (planning), organisasi (organizing), pengarahan (actuating),
dan pengawasan atau pengendalian (monitoring and controlling). Disini organisasi
yang saya ambil yaitu perusahaan dalam bidang jasa “taksi blue bird”. Jasa pertaksian ini sudah dikenal lama di
masyarakat dan perusahaan akan bisa bertahan salah satunya dengan manajemen
yang baik.
PERENCANAAN
(PLANNING)
Dalam
manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi,membuat
strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja
organisasi. Apabila tanpa perencanaan dalam sebuah organisasi sudah dapat
dipastikan organisasi tersebut akan gagal atau tidak sesuai dengan apa yang
diharapkan karena perencanaan adalah fungsi yang sangat mendasar dan sangat
berperan besar dalam organisasi. Pelaksanaan Fungsi perencanaan yang digunakan
di perusahaan blue bird yaitu :
1. Menetapkan
tujuan dan target
2. Merumuskan
strategi yang akan dipakai pada pelaksanaan kerja
3. Menentukan
sumber sumber daya yang di perlukan
4. Menetapkan
standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian dan target bisnis
5. Memonitor
dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan
6. Menggunakan
teknologi informasi yang berkembang seiring berjalannya waktu
7. Menyiapkan
tenaga-tenaga konsultan yang professional dan berkualitas
Tujuan
dari perusahaan blue bird ini adalah tercapainya kepuasan pelanggan, dan
mengembangkan serta mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar disetiap
kategori yang dimasuki. Kemudian targetnya adalah menjadi yang terdepan atau
utama dalam menyediakan jasa dalambidang pertaksian.
Adapun
Indikatornya yaitu :
a. Membuat
waktu se-efisien mungkin
b. Pelanggan
tidak merasa dikecewakan
c. Memasutkan
kesejahteraan yang berkelanjutan untuk para stekholder
Strategi
yang digunakan di perusahaan blue bird ini disebut strategi tiga pilar yaitu
mengandalkan pada produk, pemimpin pasar , dan innovator dalam teknologi aplikasi.
Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini adalah barang berbentuk mobil yang
nyaman dan terawat untuk kepuasan pelanggan tentunya dengan sumberdaya manusia
yang baik dan ahli dalam berkendara dan mengetahui seluk beluk tentang mobil.
ORGANISASI
(ORGANIZING)
Proses yang menyangkut
bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain
dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
orgnanisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi
dapat bekerja secara efektif dan efisien. Fungsi perngorganisasian adalah sebagai suatu kegiatan
pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki
organisasi untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan guna mencapai tujuan
dengan baik.
Pelaksanaan
Fungsi organisasi di dalam perusahaan ini :
1.
Mengalokasikan sumber daya, merumuskan
dan menetapkan tugas, dan menerapkan prosedur yang telah di tentukan
2.
Menetapkan stuktur organisasi yang
menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
3.
Kegiatan perekrutan penyeleksian
pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia atau tenaga kerja
4.
Kegiatan penempatan sumber daya manusia
pada posisi yang paling tepat
5.
Dalam melakukan perekrutan, vice
president personalia melakukan seleksi yang ketat kepada para calon karyawan
STRUKTUR
ORGANISASI BLUE BIRD
Tugas dan Tanggung Jawabnya :
1.
Dewan komisaris bertugas melakukan
pengawasan terhadap kebijakan direksi dalam menjalankan perseroan serta member
nasihat kepada direksi.
2.
Komite Audit bertugas melakukan evaluasi
dan penelaahan laporan keuangan perseorang, melakukan pengawasan dan penilaian
atas pelaksanaan kegiatan serta hasil audit oleh audit internal, memberikan
rekomendasi, melakukan kajian atas kompetensi.
3.
Direktur utama bertugas coordinator,
komunikator, pengambilan keputusan, pemimpin, pengelola dan eksekutor.
4.
Divisi audit internal bertugas
melaksanakan proses pemeriksaan bagi seluruh divisi cabang dan melaporkannya
dalam bentuk audit, menjalankan proses audit internal perusahaan secara teknis
dan berkala, melakukan koordinasi kesiapan cabang, menganalisa dengan akurat
serta bisa memberikan gambaran tentang penyelesaian masalah keuangan.
5.
Sekertaris perusahaan bertugas membantu
pimpinannya dalam melakukan tugas-tugas harian, baik yang rutin maupun yang
khusu.
PENGARAHAN
(ACTUATING)
Yang mengarahkan
sekaligus bertanggung jawab di perusahaan adalah Dewan Komisaris. Blue Bird
yang mengimplementasikan pertama kali di Indonesia sistem komunikasi radio
serta penggunaan argometer yang ketat untuk armada-armadanya. Blue bird juga
sudah menerapkan teknologi GPS (global positioning system) untuk melacak tempat
dan posisi armada-armada lainnya juga bisa dipakai untuk menghubungi call
centre.
Blue
bird mengimplementasikan solusi Business Intellegent(BI), yakni merupakan suatu
solusi yang mengolah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan
keputusan perusahaan dan proses bisnis sehingga mampu memberikan gambaran
lengkap dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pengguna.
Perusahaan ini juga mengimplementasikan software MySAP untuk pengambilansecara
tepat sehingga waktunya effisien.
PENGAWASAN
(CONTROLLING)
Dalam
mengawasi armadanya sehari hari , pemilik perusahaan membutuhkan general
manajer keberadaan armada blue bird, sehingga penggunaan bahan bakar dapat tercatat
dan di perhitungkan dengan akurat. Dalam memelihara loyalitas pelanggannya blue
bird menyediakan creditvoucher yang digunakan tidak untuk corporate saja namun
juga digunakan untuk perorangan.
Pihak
blue bird ini mengadakan upgrading kepada para karyawanya agar meningkatkan
layanan yang berkualitas dan nyaman untuk mempertahankan pelanggan. Untuk
menjamin hal tersebut dari pihak blue bird sering menggunakan penumpang yang
diminta untuk menguji sopir.
Pihak
blue bird selalu mengadakan training karena mau tidak mau yang menciptakan
image baik atau buruknya perusahaan ini adalah sopirnya, jadi para pengemudi
dilatih secara khusus agar memberikan layanan yang terbaik. Dewan komisaris
melakukan pengawasan atas jalannya usaha perusahaandan memberikan masukan-masukan
kepada para direktur.
No comments:
Post a Comment